Sejarah Dan Fungsionalitas Keyboard

Keyboard of a Letter-Printing Telegraph Set built by Siemens & Halske in Saint Petersburg, Russia, ca. 1900

Keyboard adalah alat musik multi dimensi. Keyboard dapat meniru suara berbagai alat musik lain nya termasuk gitar, saksofon, dan piano. Seorang Keyboardis yang mahir akan mampu mengubah instrumen dan menambahkan aspek baru dalam sebuah orkestra. Menambahkan warna musik dengan perubahan cepat dan tak terduga atau improvisasi juga merupakan tugas dari seorang Keyboardis. Disamping itu, dengan keyboard juga dapat menambahkan efek suara seperti yang digunakan dalam drama dan film. Misal nya suara seseorang terjatuh atau berkelahi.

Sejarah pertama kali muncul nya keyboard yaitu pada sekitar abad ketiga SM yang di kenal sebagai organ dengan bentuk yang masih sangat sederhana dan belum memiliki fungsionalitas seperti sekarang ini. Organ merupakan satu-satu nya jenis keyboard sampai abad ke 14 Masehi. Pada saat itu tidak memiliki kunci seperti saat sekarang ini, hanya tuas yang harus dimanipulasi dengan seluruh tangan. Seiring perjalanan waktu, kini keyboard telah mencapai bentuk yang lebih baik dan lebih sempurna dengan adanya penambahan Synthesizer dan synthesizer Moog di abad ke-20 tepat nya dari tahun 1960.

Kemunculan Keyboard pada awalnya adalah keinginan orang-orang yang menginginkan piano yang lebih kecil dengan suara dan kualitas yang sama tanpa berat dan massa seperti halnya piano. Sebuah Keyboard modern terdiri dari sirkuit elektronik yang mampu mengubah dan mereproduksi berbagai macam instrumen.

Keyboard memiliki banyak fitur yang berguna. Salah satu fitur tersebut adalah midi out port, yang memungkinkan musisi untuk mengontrol perangkat lainnya melalui instrumen yang di mainkan nya. Ini dapat menjadi instrumen pribadi dimana musisi dapat menyimpan lagu-lagu dan mengeditnya untuk di mainkan nya di kemudian hari.

Keyboard telah menjadi bagian integral dari setiap kelompok, tidak hanya di gunakan dalam sebuah pertunjukan musik, tetapi juga di gunakan dalam memberikan efek suara dan isyarat pendengaran di bioskop drama dan film.

Illustrasi Gambar : en.wikipedia.org/wiki/Musical_keyboard

About Om Rist

has written 44 post in this blog.

Raden Mas Haryo Ristanto Sumarsono, adalah sesosok figur orang yang bisa saja. Optimis, Oportunis, Fleksible, dan Keberuntungan membawanya Sukses dalam menerima Barokah dari Gusti Allah. Semboyan dalam hidupnya : Jalani, Nikmati dan Syukuri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>